Ibu Bernyanyi Bisa Tenangkan Bayi Sembilan Menit

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 02 November 2015 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 02 481 1242236 ibu-bernyanyi-bisa-tenangkan-bayi-sembilan-menit-pExhxIwOJu.jpg Nyanyian ibu bisa tenangkan bayi yang merengek (Foto: Guim)

KEHABISAN akal untuk membuat bayi Anda tenang dan tidak menangis? Bila mengajaknya berbicara saja tidak mempan, coba dendangkan lagu dengan suara Anda, atau rekam lagu di ponsel Anda, kata peneliti.

Menenangkan bayi yang stres dengan mengajaknya berbicara rata-rata hanya bertahan di bawah empat menit. Sementara itu, seperti dilansir dari Foxnews, Senin (2/11/2015), bernyanyi membuat bayi Anda tenang sampai sembilan menit.

Para peneliti di University of Montreal, yang melaporkan dalam jurnal Infancy, penemuan tersebut bahkan dilihat ketika nyanyian menggunakan bahasa yang tidak familiar atau asing. Meski hanya dilakukan pada 30 bayi, namun para peneliti mengatakan temuan itu konsisten.

Peneliti menambahkan, karena ibu-ibu di Barat lebih sering mengajak bicara daripada bernyanyi untuk bayi mereka, temuan ini dapat sangat berguna bagi mereka yang menghadapi tantangan sosial-ekonomi atau emosional.

"Meskipun sinyal stres bayi biasanya cepat dihibur oleh orangtuanya, bayi menangis bisa memicu frustrasi dan kemarahan pada orangtua berisiko. Akibatnya adalah ketidakpekaan dalam merespons dan dalam kasus-kasus terburuk memicu penelantaran dan kekerasan pada bayi," tulis peneliti.

Jadi, pendekatan terbaik untuk menghadapi anak yang rewel adalah jelas bernyanyi untuk anak-anak Anda, pungkas peneliti.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini