Mi Aceh, Mi-nya Ya Harus Khas Aceh

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 05 November 2015 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 04 298 1243650 mi-aceh-mi-nya-ya-harus-khas-aceh-OxDl7mBcVp.jpg Ilustrasi mi aceh (Foto:Miaceh)

INDONESIA mempunyai varian mi yang sangat beragam di setiap daerah. Mi aceh misalnya yang dikenal dengan cita rasa bumbu dan rempah yang sangat pekat.

Mi yang umumnya digunakan untuk membuat mi aceh biasanya bertekstur basah berwarna kuning namun dengan ukuran yang kadang berbeda. Sesuai namanya, maka jenis mi yang digunakan seharusnya khas Aceh untuk menjaga cita rasa dan kelezatannya.

Ciri khas inilah yang terus dilakukan sebuah tempat usaha mi aceh berlabel MieGyu. Mereka hanya menggunakan mi yang dipesan secara khusus. “Minya adalah mi khas Aceh, dibuat oleh pembuat mi. Kebetulan Beliau juga berasal dari Aceh dan menjadi rekanan,” jelas Dara, pemilik usaha mi aceh yang menyajikan dengan daging wagyu.

Mi yang digunakan bertekstur kuning basah dengan bentuk lurus kecil. Dikarenakan termasuk jenis mi basah, mi ini tidak dapat bertahan dalam waktu lama. Dara menambahkan, mi dibuat setiap hari untuk menjamin kesegarannya.

“Tiap hari minya dibuat, dan untuk menjamin kualitas kesegarannya, mi ini tidak digunakan lagi jika sudah lebih dari 12 jam. Jadi, dijamin fresh,” pungkas perempuan ramah yang mengenakan hijab ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini