nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kedelai, Hindarkan Wanita Kena Osteoporosis

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 November 2015 05:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 04 481 1243234 kedelai-hindarkan-wanita-kena-osteoporosis-DPsy77HksS.jpg Susu kedelai cegah osteoporosis (Foto: Fitday)

SEMASA wanita sudah mengalami menopouse kondisi kesehatannya semakin menurun. Biasanya mereka rentan mengalami pengeroposan tulang dan penyakit lain yang sulit ditebak.

Agar terhindar dari itu, Anda harus rutin mengonsumsi kedelai yang mengandung isoflavon sejak muda. Karenanya segenggam biji kedelai itu kaya akan protein dan isoflavon.

Nutrisi tersebut melindungi wanita dari serangan pengeroposan tulang atau dikenal dengan osteoporosis. Juga kandungan isoflavon menyeimbangkan hormon wanita yang suka berubah-ubah.

Para peneliti di University of Hull, Inggris meneliti 200 responden perempuan yang sudah mengalami menopause dini, lalu diberi suplemen harian yang mengandung protein kedelai dengan 66 mg isoflavon atau suplemen protein kedelai saja selama enam bulan.

Para peneliti kemudian mempelajari perubahan aktivitas tulang perempuan dengan mengukur protein tertentu (ICTX dan P1NP) dalam darah mereka.

Mereka menemukan, wanita yang melakukan diet kedelai dengan isoflavon memiliki tingkat ICTX yang lebih rendah daripada perempuan yang makan kedelai biasa.

"Wanita yang memilih protein kedelai dengan isoflavon juga ditemukan memiliki penurunan risiko penyakit kardiovaskular daripada mereka yang makan kedelai biasa," ujar Thozhukat Sathyapalan yang dikutip Timesofindia, Rabu (4/11/2015).

Sekedar diketahui, osteoporosis adalah kondisi umum dimana tulang menjadi rapuh. Wanita kerap mengalami masalah ini karena pengaruh penurunan produksi hormon estrogen saat ia telah menghadapi masa-masa menopouse.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini