nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbedaan Osteoarthritis dengan Osteoporosis

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 04 November 2015 07:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 04 481 1243238 perbedaan-osteoarthritis-dengan-osteoporosis-gIiNhiLzrt.jpg Beda osteoporosis dengan osteoarthitis (Foto: Alfa)

LANSIA atau orang di usia sebaya rentan mengidap kedua penyakit penuaan yang menyerang sistem rangka tersebut. Osteoarthritis (OA) dan osteroporosis mungkin terdengar serupa, tapi masing-masing memiliki perbedaan yang perlu menjadi perhatian kita.

"Semua manusia yang hidup bisa mengalami keduanya. Kalau osteoporosis yang terjadi di tulang keras bisa disembuhkan, OA atau pengapuran sendi (tulang rawan) bisa tidak bisa disembuhkan," kata dr Adrian W Tarigan SpOT, spesialis ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Jakarta, yang ditemui di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa OA adalah penyakit tulang kronik akibat pelunakan tulang rawan, perubahan bentuk tulang rawan atau sendi, atau fibrosis sendi. Selain karena faktor beban berat dan berat badan berlebih, penyebab OA belum diketahui. Ini berbeda dengan osteoporosis yang telah diketahui disebabkan oleh kurangnya mineral pembentuk tulang.

"Masalah-masalah tersebut sama-sama difaktori penuaan yang umum pada orang berusia di atas 40 tahun, berat badan berlebih, dan jenis kelamin. Dari faktor jenis kelamin, wanita adalah yang paling berdampak karena faktor hormonal setelah menopause," imbuh dr Adrian.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini