nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alergi atau Pilek? Ketahui Perbedaannya!

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 10 November 2015 07:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 10 481 1246537 alergi-atau-pilek-ketahui-perbedaannya-4Cm3Tl1xc2.jpg Perbedaan flu atau alergi (Foto: Youtube)

ANAK usia enam sampai 12 tahun memang lebih sering terserang gejala flu, yang kadang-kadang membuat khawatir. Jika anak Anda bersin dan terbatuk-batuk, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu alergi rhinitis atau pilek?

David Skoner, MD, kepala alergi dan imunologi di Rumah Sakit Anak Pittsburgh, menawarkan beberapa cara, agar Anda dapat menentukan apakah gejala pilek benar karena infeksi bakteri atau virus ataukah alergi.

Seperti dilansir dari Prevention, Selasa (10/11/2015), gejala pilek yang sebenarnya biasanya berdurasi tiga sampai lima hari dan sangat jarang sampai sepuluh hari. Gejala jelas lainnya seperti napas tersumbat dan keluar cairan berwarna. Sakit tenggorokkan, demam, dan nyeri otot.

Sementara itu, gejala alergi rhinitis bisa dua sampai tiga minggu (atau lebih). Gejala umum lainnya adalah keluarnya cairan hidung yang berwarna bening dan seperti air, bersin, kulit gatal, mata gatal dan gatal.

Bila Anda menemukan gejala-gejala tersebut membuat anak malas beraktivitas dan mengganggu keceriaannya, pertolongan dengan obat bisa membantu meredakan gejalanya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini