Sering Mengeluh Tanda Jiwa Anda Terganggu

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 12 November 2015 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 12 481 1248284 sering-mengeluh-tanda-jiwa-anda-terganggu-1tUZ3kehdD.jpg Sering mengeluh tanda gangguan jiwa (Foto: Vividlife)

APAKAH Anda merasa sering mengeluhkan hal sepele dengan kondisi Anda? Waspadalah, bila sudah terlalu sering, itu bisa menjadi tanda kesehatan jiwa Anda terganggu.

Pakar kejiwaan, dr Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ(K), menjelaskan bahwa mengeluh merupakan salah satu bentuk 'coping mechanism' untuk menghilangkan beban atau stres, sama seperti kecemasan atau rasa takut. Namun, keluhan yang dikeluarkan secara berlebihan dan berkepanjangan bisa menjadi pertanda negatif untuk jiwa seseorang.

"Sering mengeluh bisa menjadi pertanda bahwa coping mechanism diri di otak tidak kuat menangani beban distress. Semakin sering mengeluh, maka semakin berat sakitnya. Dan itu sudah termasuk pertanda adanya gangguan jiwa," tutur dr Danardi, dalam sebuah acara seminar media di Jakarta.

Untuk meredam kebiasaan mengeluh semacam itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dan Presiden ASEAN Federation for Psychiatry and Mental Health (AFPMH) tersebut mengatakan bahwa setiap orang bisa memiliki cara meredam yang berbeda-beda.

"Yang paling penting harus dilakukan seseorang yang merasa dirinya atau orang terdekatnya sering mengeluh adalah menganalisis akar masalahnya dengan membuka diri. Bila masalah didiamkan terus, maka orang yang terus-terusan mengeluh akan semakin sakit," ujar dr Danardi, yang juga berpesan agar mereka dengan keluhan psikis seperti itu percaya diri berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini