Lada Katokkon Cabai Super-Pedas dari Tana Toraja

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 15 November 2015 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 15 298 1249617 lada-katokkon-cabai-super-pedas-dari-tana-toraja-7zz5FDsR9s.jpg Lada kotokkon (Foto:Flickr)

SELAIN keunikan budaya dan keindahan alam yang dimiliki daerah Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Tana Toraja juga terkenal akan kuliner lezat dan aneka kuliner yang super-pedas.

Hal ini dikarenakan banyak dari warga sekitar yang menggunakan cabai super-pedas khas Tana Toraja atau sering disebut lada katokkon. Lada katokkon merupakan salah satu varietas cabai dari Tana Toraja yang populer karena rasanya sangat pedas. Aneka hidangan khas Tana Toraja kerap dicampurkan dengan cabai ini agar cita rasanya semakin ‘nendang’.

Cabai jenis ini memiliki bentuk bulat menyerupai paprika, namun lebih kecil dan gemuk. Ukuran normalnya sekira 3-4 cm. Lada katokkon jika masih muda akan berwarna hijau keunguan dan berwarna merah jika sudah matang.

Lada kotokkon atau dalam bahasa latin Capsicum annuum L.var.sinensis ini tumbuh di dataran tinggi, sekira 1.000 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi Kabupaten Tana Toraja merupakan satu tempat yang cocok bagi cabai ini tumbuh dengan baik.

Lada katokkan memiliki aroma yang khas dan sering digunakan sebagai penambah rasa pedas berbagai masakan khas Tana Toraja. Misalnya adalah pa’piong, tollo lendong, utan tuttu, atau tutuk lada.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini