nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telur Ikan pada Sushi Benar Telur Salmon?

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 16 November 2015 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 15 298 1249851 telur-ikan-pada-sushi-benar-telur-salmon-kmhNx2yCsj.jpg Sushi dengan ikura, telur ikan salmon (Foto:Sandiego)

PENGGEMAR makanan khas Jepang terutama sushi pasti sudah tak asing lagi dengan butiran oranye yang sering menjadi topping untuk sushi.Ya, banyak orang menilai itu adalah telur ikan salmon. Tapi apakah melulu dari ikan salmon?

Ya, itu adalah tobiko dan ikura. Apa bedanya? Anda tentu sering melihat tobiko dan ikura, ternyata keduanya adalah telur ikan dari jenis yang berbeda. Chef Dadan dari Restoran Tokyo Belly menjelaskan, tobiko dan ikura berasal dari ikan yang berbeda.

"Tobiko paling sering dipakai, dia dari ikan terbang. Sedangkan ikura dari ikan salmon," jelasnya singkat saat ditemui di Jakarta.

Meski sekilas tampak mirip, tetapi keduanya bisa dibedakan terutama dari segi ukuran. Ikura punya bentuk yang lebih besar daripada tobiko.

"Kalau tobiko butirannya sangat halus sekali, ikura lebih besar dan memang lebih jelas terlihat seperti telur. Harga juga jauh lebih mahal ikura, makanya kalau di sushi hanya dipakai beberapa butir saja," beber pria ramah yang telah lima tahun berkecimpung di restoran khas Jepang ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini