nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Bisa Kurangi Keinginan Merokok, Benarkah?

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 17 November 2015 06:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 17 481 1250558 alasan-olahraga-bisa-kurangi-keinginan-merokok-S0ZGo1nwh7.jpg Lari sehat (Foto: Ist)

BERHENTI merokok memang bukan upaya yang mudah. Mengurangi jumlah batang rokok yang dihisap setiap hari saja terkadang tidak cukup menahan keinginan menghirup tembakau. Tapi ada resep yang terbukti baik dalam membantu kurangi keinginan merokok, yaitu olahraga.

Dr Simon Salim, MKes, SpPD, AIFO dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM menyampaikan bahwa sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dari olahraga dalam mengurangi keinginan merokok. Adapun olahraga yang dianjurkan adalah olahraga atau setidaknya aktivitas fisik intensitas sedang yang dilakukan minimal 30 menit setiap hari.

"Satu penelitian unik menunjukkan bahwa perokok yang melakukan olahraga intensitas sedang, seperti bersepeda, berkurang keiginannya untuk merokok. Penelitian itu di antaranya mencoba melihat tingkat ketertarikan orang terhadap rokok, jadi mata perokok yang akan bersepeda diberi sebuah sensor untuk menangkap apakah mereka teralih untuk menatap iklan rokok di jalan. Ternyata minat mereka sangat kecil," tutur dr Simon, saat ditemui dalam acara seminar media "Brrrgerak 30", di Jakarta, Kemarin.

Dampak olahraga bagi perokok tidak hanya itu, lanjut dr Simon. "Disinyalir orang yang termotivasi untuk berolahraga akan juga akan perlahan berkurang keinginannya untuk merokok. Misalnya, bila seorang mulai menggemari olahraga seperti lari atau bulutangkis, dalam kelompok olahraganya dia akan melihat bahwa rokok menurunkan kemampuan atau performanya daripada temannya yang tidak merokok," terangnya lagi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini