nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dihargai Mahal, Orangutan Jadi Korban

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 18 November 2015 19:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 18 406 1251838 harga-mahal-orangutan-kerap-jadi-korban-h4E56E7Gpu.jpg Miliki Harga mahal, orangutan jadi korban (Foto: Okezone)

ORANGUTAN merupakan daya tarik Indonesia di mata turis. Sayangnya, orangutan Indonesia kerap diselundupkan ke luar negeri.

Terakhir, 14 orangutan Indonesia diselundupkan ke Thailand. Akhirnya 14 orangutan tersebut berhasil dipulangkan ke Tanah Air. Selanjutnya, 14 orangutan menjalani proses karantina di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.

Orangutan memang jenis primata yang unik, sehingga bernilai jual tinggi. Namun, tidak hanya itu, terdapat 10 fakta menarik orangutan yang perlu diketahui dikutip Mirror, Kamis (19/11/2015).

1. Orangutan terdiri dari dua spesies, yaitu orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orangutan Sumatera (Pongo abelii).

2. Orangutan Sumatera memiliki wajah lebih kecil dan jenggot lebih panjang dari orangutan Kalimantan.

3. Dari dua spesies orangutan, kini hanya ada sekira 60 ribu orangutan yang tersisa di dunia.

4. Orangutan tidur di pohon pada sebuah sarang. Di sana, mereka juga makan buah-buahan, sehingga jarang turun ke permukaan tanah.

5. Orangutan dalam Melayu disebut sebagai, 'manusia hutan'. Kata ini pertama kali muncul di Inggris pada tahun 1699.

6. Orangutan adalah jenis primata yang memiliki sifat paling sosial. Orangutan betina akan menghabiskan 25 persen dari waktu mereka dengan orangutan lainnya. Sementara, orangutan jantan bersosialisasi tak kurang dari 9 persen.

7. Setelah kawin, orangutan betina akan meninggalkan pasangannya. Orangutan jantan tidak memiliki peran dalam merawat bayi mereka.

8. Orangutan tidak hanya memiliki ibu jari seperti manusia, tetapi juga jari-jari kaki yang besar.

9. Sepertiga dari semua orangutan di dunia tidak memiliki kuku pada jari-jari kaki mereka yang besar.

10. Ketika Charles Darwin mengunjungi London Zoo pada Maret 1838, ia memasuki kandang orangutan bernama Jenny. Dia sangat menyukai melihat bayi orangutan jantan mandi.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini