nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luka Bakar, Hindari Oles Pakai Pasta Gigi

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 18 November 2015 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 18 481 1251585 luka-bakar-hindari-oles-pakai-pasta-gigi-rgPIE0al1D.jpg Hindari odol untuk luka bakar (Foto: Manakata)

SAAT mengalami luka bakar, kita langsung mengoleskan pasta gigi ke kulit dengan alasan dapat mendinginkan luka tersebut. Padahal ada efek samping yang mengintai Anda seperti ulasan berikut.

Dokter Spesialis Emergency Medik dr Wahyuni Dian Purwati SpEM mengatakan, luka bakar yang dioles langsung dengan pasta gigi justru membuat kulit kita akan melepuh.

"Saat pertama kena luka bakar jangan oles pakai pasta gigi atau mentega. Awalnya memang dapat mendinginkan, tapi lama-lama akan menahan panas dan akhirnya menguap," ujarnya saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (18/11/2015).

Akibatnya, tambah dr Wahyuni, kulit kita menjadi melepuh dan berisiko infeksi. Tentu efek sampingnya sangat berbahaya bagi kulit yang sensitif, di saat mengalami sebuah trauma kecil akibat terbakar.

Adapun proses pendinginan luka bakar saat melakukan pertolongan yang tepat yaitu basuh kulit dengan air mengalir. Cara ini dapat menghentikan panas di kulit akibat perubahan suhu ekstrem.

"Jangan pakai air es karena menyebabkan perubahan suhu signifikann. Akhirnya pasokan pembuluh darah kita hadi mengerut," imbuh dr Wahyuni.

Atau Anda juga dapat mengoleskan krim luka bakar yang mengandung placenta extract yang seharusnya sudah tersedia di rumah. Krim tersebut dapat menyembuhkan iritasi akibat luka bakar dalam yang tepat digunakan untuk pertolongan pertama.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini