nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Peran Penting Cuka pada Sushi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 24 November 2015 05:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 23 298 1254358 ini-peran-penting-cuka-pada-sushi-R1RUgk0ppB.jpg Sushi dengan ikan salmon (Foto:Shutterstock)

MASYARAKAT kita tentu tak asing dengan cuka yang memberikan rasa asam segar pada masakan. Cuka ternyata punya peran penting pada sajian sushi.

Meski berasal dari Jepang, sushi sudah bukan jadi makanan yang langka di Indonesia. Meski terlihat mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat sushi.

Chef Slamet Basuki yang akrab disapa Chef Uki dari Umaku Sushi mengatakan, harus memerhatikan faktor utama kebersihan tangan ketika membuat sushi terlebih yang menggunakan bahan mentah seperti salmon.

"Membuat sushi harus pakai tangan langsung yang tidak pakai hand gloves, makanya kebersihan tangan harus sangat diperhatikan," kata Chef Uki kepada Okezone di Jakarta.

Untuk menyiasati sekaligus mengurangi efek berkembangnya bakteri yang terdapat dalam bahan mentah, Chef Uki menyarankan untuk menggunakan cuka. "Cuka bisa jadi anti-bakteri saat membuat sushi terutama yang pakai ikan mentah," kata Chef Uki singkat.

Untuk penggunaannya, cuka bisa dituangkan dalam mangkuk dan ketika membuat sushi bisa sesekali dioleskan ke kedua telapak tangan. "Boleh sering tapi jangan terlalu banyak coleknya, soalnya nanti akan memengaruhi rasa dari sushi yang dibuat karena akan jadi asam berlebih dan dikhawatirkan merusak rasa," pungkas Chef Uki.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini