Buah yang Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 23 November 2015 05:56 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 23 481 1253979 buah-yang-bantu-turunkan-tekanan-darah-tinggi-XV8wI3Fdtb.jpg Buah bantu cegah kolesterol (Foto: Organicfact)

TIAP buah memiliki nutrisi ajaib untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu yang menguntungkan dari konsumsi buah adalah membantu menurunkan tekanan darah. Buah apa saja itu?

Berikut adalah buah-buahan atau makanan penurun darah tinggi, sebagaimana dilansir dari Timesofindia, Senin (23/11/2015).

Pisang

Pisang penurun darah tinggi

Jika Anda ingin menurunkan tekanan darah Anda, maka pisang merupakan pilihan baik. Pisang yang murah dan tersedia sepanjang tahun sarat dengan kalium. Kalium membantu menurunkan tekanan darah Anda dua sampai tiga poin dan membantu menurunkan risiko stroke.

Kalium juga membantu ginjal untuk menyaring lebih banyak tekanan yang meningkatkan natrium dari aliran darah dan membantu pembuluh darah kecil bersantai dan membuat tekanan pada dinding arteri berfungsi lebih efisien.

Semangka

Semangka penurun darah tinggi

Semangka bukan hanya makanan musim panas menyegarkan, tetapi juga makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Semangka sarat dengan serat, lycopenes, vitamin A, dan kalium. Semua nutrisi ini memiliki efek penurun tekanan darah.

Jeruk

Jeruk penurun darah tinggi

Buah yang kaya vitamin ini adalah makanan lain yang terbaik untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Baik diminum dalam bentuk segelas jus jeruk atau makan buah utuh bisa membatu tubuh memenuhi kebutuhan serat dan vitamin C.

Buah Berry 

Buah-buahan jenis berry yang berwarna merah hingga ungu baik untuk diet Anda. Buah jenis ini mengandung polifenol, flavonol, dan anthocyanin. Selain itu, mereka juga sarat dengan vitamin C, float, kalium, dan serat. Cukup tambahkan segenggam buah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kolesterol baik di tubuh Anda. 

Jus Anggur 

Tanya mengapa? Jus anggur mengandung polifenol yang membantu untuk menurunkan tingkat tekanan darah Anda. Polifenol memicu produksi nitrit oksida yang membantu untuk mencairkan pembuluh darah dan dengan demikian membantu untuk menurunkan tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini