nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Obat Sembarangan, Bahaya Iritasi Lambung

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 November 2015 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 23 481 1254487 minum-obat-sembarangan-bahaya-iritasi-lambung-ZDMGVV6ezs.jpg Efek samping minum obat sembarangan bikin lambung iritasi (Foto: Boldsky)

KITA seringkali tak bijak menenggak segala macam obat penghilang rasa sakit tanpa resep dokter. Padahal efek sampingnya sangat berbahaya, terutama bagi organ lambung yang bisa iritasi.

Berikut ini lima ulasan efek bahaya minum obat tanpa menggunakan resep dokter, yang dilansir Boldsky, Senin (23/11/2015).

Lambung iritasi

Salah satu efek samping yang paling umum dari obat penghilang rasa sakit yaitu iritasi lambung, apalagi diminum pada waktu perut kosong. Awalnya Anda bisa muntah, karena keasaman kandungan obat kimia itu.

Kerusakan hati

Peroksida yang dibentuk oleh metabolisme parasetamol dalam tubuh bisa menjadi racun bagi hati. Anda harus membatasi asupan parasetamol. Minum delapan tablet (500 mg) dalam sehari dapat dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius akut.

Perut nyeri

Obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen, aspirin dan naproxen menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan bisul dan pendarahan tukak di perut.

Gagal ginjal

Obat analgesik, seperti ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan kerusakan ginjal bagi mereka yang mengidap diabetes dan tekanan darah tinggi.

Perdarahan

Efek samping dari aspirin, ibuprofen dan naproxen bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah pembekuan dan masalah jantung. Juga bagi orang yang pernah minum obat pengencer darah tanpa resep dokter, seperti coumadin harus menghindari tiga jenis obat itu karena berisiko perdarahan yang berlebihan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini