Ini Pentingnya Globalisasi Kuliner Indonesia

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 24 November 2015 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 24 298 1254940 ini-pentingnya-globalisasi-kuliner-indonesia-k747thwM8M.jpg Kuliner Indonesia (Foto:Kulinerbali)

MELIHAT potensi kuliner Tanah Air yang begitu beragam. Globalisasi kuliner Indonesia perlu dimaksimalkan.

Pasalnya sebentar lagi Indonesia akan menghadapi MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean) dimana integrasi ekonomi dalam menghadapi era perdagangan bebas antar negara ASEAN akan diberlakukan.

Karena itu, khusus dari segi kuliner perlu digalakkan. Sebagai bangsa Indonesia, tentu harus lebih mengenal makanan Indonesia sendiri untuk bisa menghadapi persaingan tersebut.

"Globalisasi itu bukan sekadar festival atau pameran kuliner Indonesia di mancanegara saja. Tapi bagaimana masyarakat dunia bisa mengadopsinya dari berbagai hal," papar Arie Parikesit kepada Okezone di sela Dialog Gastronomi Nasional, di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Lanjut Arie, jika melihat lebih dalam, ternyata banyak kalangan dari bangsa sendiri pun belum mengenali sepenuhnya akan kekayaan kuliner Nusantara. Karenanya, inilah pentingnya globalisasi kuliner agar kuliner Indonesia bisa lebih dikenal.

Dalam rangka globalisasi kuliner Indonesia, tentu banyak hal yang perlu dilakukan. Melihat kesiapan dari para profesional untuk lebih mengenalkan kuliner Indonesia.

"Misalnya ada sekolah kuliner yang mengadopsi kurikulum kuliner Indonesia dan terus dikembangkan," tambah Arie.

Butuh peran serta dari masyarakat, para pelaku kuliner dan juga peran pemerintah untuk mewujudkan kuliner Indonesia jadi lebih dikenal, tidak hanya oleh bangsa sendiri, tapi juga masyarakat dunia.

"Indonesia ini pasar paling besar, jangan sampai makanan luar mudah kita temukan di sini, tapi bagaimana dengan makanan kita bila di luar negeri? Nah, inilah bagaimana kita harusnya bisa mengatasi hal tersebut. Bisa dengan cara 'mengepung' produk kuliner asli Indonesia seperti kecap, makanan simpan siap santap dan lain-lain," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini