nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Izin Dipermudah, Cruise Hong Kong Tiba di Jakarta

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 24 November 2015 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 24 406 1254798 izin-dipermudah-cruise-hong-kong-tiba-di-jakarta-r0Notwg6ox.jpg Kapal Pesiar Super Star Virgo bersandar di Tanjung Priok (Foto: Utami)

TANJUNG PRIOK dilabuhi kapal pesiar dari Hong Kong, namanya Super Star Virgo. Kedatangannya disambut meriah.

Kedatangan Super Star Virgo di Tanjung Priok merupakan pertama kalinya. Kapal pesiar ini membawa 993 wisatawan dari berbagai negara.

Super Star Virgo merapat di Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 08.00 WIB. Wisatawan turun dan disambut dengan berbagai kesenian tradisional Betawi yang meliputi Ondel-Ondel dan tari-tarian lainnya.

Kunjungan kapal pesiar milik Star Cruises ini merupakan salah satu program wisata bahari dari Kementerian Pariwisata yang menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 mendatang. Ini juga menjadi pembuktian Kemenpar dalam memudahkan perizinan kapal wisata berbendera asing ke Indonesia.

Kapal pesiar Super Star Virgo menjadi kapal pesiar keenam yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok sepanjang tahun 2015.

Namun kapal ini juga menjadi kapal pesiar terbesar pertama yang datang ke Indonesia dengan panjang 268 meter.

"Sudah lama target kita untuk mendatangkan cruise seperti ini. Ini tes pertama kemudahan kapal asing masuk ke Indonesia," terang Azwir Maloan, Kepala Sub Bidang Destinasi Wisata Alam dan Buatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (24/11/2015).

Lebih lanjut, Azwir mengatakan bahwa Tanjung Priok akan menyiapkan tempat khusus untuk bersandar cruise, sehingga tidak mengganggu proses menaik-turunkan penumpang umum di dermaga 106-107. "Tanjung Priok akan menyiapkan satu slot yang dikhususkan untuk cruise ke depan," ujar Azwir.

Kapal pesiar Super Star Virgo dijadwalkan untuk melanjutkan perjalananan ke perairan Krakatau sebelum menuju Australia pada pukul 20.00 WIB malam ini.

Kapal ini berlayar selama 46 hari dari Hong Kong menuju Australia dengan singgah di beberapa kota dan negara seperti Kamboja, China, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, Super Star Virgo bersandar di Jakarta dan Bali.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini