nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keuntungan Indonesia Permudah Izin Cruise Asing

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 25 November 2015 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 24 406 1255157 keuntungan-indonesia-permudah-izin-cruise-asing-sa3L2uUVy5.jpg Keuntungan Indonesia permudah izin cruise asing (Foto: Cruiseline)

KEMUDAHAN cruise berbendera asing ke Indonesia membawa angin segar bagi pariwisata Indonesia. Salah satu soal pengeluaran mereka.

Dengan adanya regulasi baru terkait kemudahan perizinan kapal pesiar masuk perairan Indonesia, kapal pesiar besar dunia mulai datang ke Indonesia.

Untuk pertama kalinya, kapal pesiar milik jaringan Star Cruises berlabuh di Indonesia, khususnya di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Kapal berbendera Hong Kong tersebut membawa 933 penumpang yang berasal dari berbagai negara. Saat singgah di Jakarta selama beberapa jam, para wisatawan diajak berkeliling Jakarta dan mendatangi beberapa destinasi terkenal seperti Kota Tua dan Monumen Nasional. Mereka juga diajak berbelanja di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.

Mengenai hal ini, Kementerian Pariwisata menargetkan secara khusus mengenai pengeluaran para wisatawan dari SuperStar Virgo.

“Kita targetkan sekira 150 sampai 200 dollar Amerika per hari. Kalau turun semua kan lumayan,” ujar Azwir Malaon, Kepala Sub Bidang Pengembangan Wisata Alam dan Buatan kepada Okezone di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (24/11/2015).

Selain target tersebut, Kemenpar juga berniat untuk membawa wisatawan dari kapal pesiar ke Taman Mini Indonesia Indah. Pasalnya, TMII merupakan representasi Indonesia dalam bentuk kecil.

“Kita ingin adakan program TMII setengah hari. Jadi mereka (wisatawan) bisa melihat Indonesia dalam bentuk mininya. Di samping ada beberapa destinasi yang lain. Tapi sampai saat ini baru Taman Mini yang mengatakan bisa,” tukasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini