nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Media Sosialmu Tentukan Kariermu

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 30 November 2015 00:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 27 196 1256949 media-sosialmu-tentukan-kariermu-12KZJhF7sU.jpg Media sosialmu tentukan kariermu (Foto: Askthemonster)

KINI perusahaan mencari tenaga kerja tidak hanya lewat aplikasi lamaran yang mereka terima atau rekomendasi seseorang. Tapi, media sosial juga berperan dalam membantu perusahaan menemukan karyawan.

Bidang pekerjaan seperti industri media, restoran, fesyen, atau teknologi, dan lain sebagainya dapat menemukan pekerjaan di media sosial. Misalnya, dari postingan sebuah blog kuliner atau mode. Berikut ini peran media sosial dalam merektrut tenaga kerja.

Cara terbaik menemukan ahli

Banyak perusahaan bingung menemukan karyawan yang ahli di bidangnya. Terkadang keahlian yang dituliskan dalam Curriculum Vitae (CV) tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi, lewat media sosial dapat terlihat kemampuan seseorang. Misalnya, fotografer, dari hasil foto yang ditampilkan di media sosialnya terbukti dia memang mahir. Sekitar 20-50 persen perusahaan melihat postingan orang untuk direktrut.

Perekrutan berjalan transparan

Nepostisme atau sistem menggunakan orang dalam untuk masuk ke perusahaan tertentu pada akhirnya hanya menyesatkan kedua belah pihak. Tapi lewat media sosial terlihat perekrutan berlangsung adil dan terbuka. Asal-usul orang yang direkrut jelas di media sosial dan tidak berdasarkan pilihan pemegang kuasa di suatu perusahaan.

Terlihat seberapa luas jaringan

Dunia kerja membutuhkan orang-orang yang memiliki jaringan luas. Hal itu merupakan investasi tersendiri yang menjadi nilai tambah. Hubungan Anda dengan orang-orang penting atau yang ahli di bidangnya dapat dilihat di media sosial. Ini menjadi pertimbangan kuat oleh perusahaan. Untuk itu tampilkan yang terbaik tentang diri Anda di setiap halaman media sosial. Demikian dilansir Forbes, Senin (30/11/2015).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini