Katarak Berpotensi Sebabkan Buta Permanen

Marieska Harya Virdhani (Okezone), Jurnalis · Jum'at 27 November 2015 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 27 481 1256723 katarak-berpotensi-sebabkan-buta-permanen-0npC2roVGE.jpg Katarak sebabkan kebutaan (Foto: Marieska/Okezone)

KATARAK umumnya diderita lansia. Namun bisa jadi anak muda menderita penyakit yang menyerang indera penglihatan ini. Penyebab dari katarak bisa banyak faktor, salah satunya genetik alias keturunan.

Sebanyak 20 persen pasien katarak disebabkan faktor genetik. Rata - rata penderita berusia 10-40 tahun.

"Disini dari 60 mata yang kami tangani dalam baksos operasi katarak ada empat pasien kita masih muda tiga orang karena genetik, satu traumatik dari pukulan atau benturan bisa sebabkan katarak," ungkap Ketua Tim Dokter Baksos Katarak RS Puri Cinere DR. Rita Polana, SpM, kemarin.

Rita mengungkapkan katarak komplikata disebabkan karena ada penyakit lainnyaa seperti asma, hipertensi, diabetes. Bahkan meminum jamu tertentu dan mengonsumsi suplemen terlalu banyak bisa menyebabkan katarak.

"Boleh kasih suplemen tapi tak untuk long term, jika lagi sakit saja. Karena vitamin kan sudah didapat dari buah dan sayur," tegas Rita.

Gejala awal penyakit katarak yakni berkabut, seperti berasap dan tak bisa fokus, juga silau. Jika tak ada kelainan retina, penderita katarak bisa melihat kembali 100 persen usai operasi.

"Harus operasi. Karena jika katarak itu matang bahaya akan jadi glukoma. Jika mencair terjadi glukoma maka akan nyeri hebat mual muntah hingga kematian saraf mata. Wajib operasi pada katarak mature atau sudah matang. Jika tidak maka berpotensi buta permanen. Pada katarak mature harus dioperasi untuk menghindari komplikasi sekunder. Di daerah terpencil banyak penderita katarak," tutup Rita.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini