nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kofiau, Surga di Raja Ampat yang Terlupakan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 30 November 2015 07:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 29 406 1257898 kofiau-surga-di-raja-ampat-yang-terlupakan-ukroOgGu6i.jpg Raja Ampat (Foto: indonesia.travel)

KOFIAU adalah sebuah pulau yang memiliki keragaman biodiversitas terkaya di kawasan Raja Ampat. Namun, ironisnya surga di Raja Ampat ini seolah terlupakan.

Hal tersebut seperti diceritakan salah seorang traveler Indonesia, Windy Ariestanty yang berkunjung dalam rangka berbagi ilmu kepenulisan kreatif kepada pelaku konservasi lingkungan naungan The Nature Conservancy (TNC). Berdasarkan pengalamannya tersebut, Windy mengatakan, ada beberapa kendala dan tantangan yang dihadapi untuk menuju Pulau Kofiau.

"Akses terbatas, tidak ada kapal umum yang menuju ke Pulau Kofiau. Anda harus menyewa kapal secara khusus atau menumpang perahu nelayan," ceritanya kepada Okezone melalui pesan elektronik belum lama ini.

Lebih lanjut, penulis buku "Life Traveler" ini juga menceritakan bagaimana keterbatasan untuk sekedar tinggal di Pulau Kofiau. Menurutnya, tidak ada fasilitas pariwisata yang berdiri di Pulau Kofiau, seperti penginapan atau hotel.

Meski begitu, Windy tidak berkecil hati, karena banyak pemandangan unik yang jauh dari kata modern yang bisa dijumpai di Pulau Kofiau. Bahkan, Windy merasa beruntung bisa tinggal di Kofiau yang sehari-hari penduduk lokalnya masih melaut dan berladang.

Selain itu, ada pohon cokelat serta kelapa di sini, dan mereka juga menganyam. Jadi, saya beruntung bisa tinggal di sana beberapa hari dan berinteraksi dengan penduduk lokal, menjelajah pulaunya dan mendengar langsung bagaimana mereka melihat pulau tempat tinggalnya," tutupnya.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini