Manfaat Menakjubkan Bermain di Alam Terbuka bagi Anak

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2015 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 196 1258757 manfaat-menakjubkan-bermain-di-alam-terbuka-bagi-anak-QSV5CMGWIH.jpg Manfaat bermain di alam terbuka (Foto: Familyshare)

TAMAN bermain bukan sekadar sarana hiburan. Tapi banyak keuntungan menakjubkan yang diperoleh anak.

Jika Anda punya anak, cobalah sesekali membawa mereka bermain di alam terbuka. Anak-anak bukan hanya puas bermain ayunan, tapi banyak nilai tambah. Inilah diantaranya.

Bermain gratis

Salah satu alasan keuntungan bermain di alam bebas adalah, tidak dipungut biaya masuk wahana permainan. Anak-anak bisa main sepuasnya. Selain itu anak juga bisa bereksplorasi menjadikan benda-benda di alam bebas sebagai mainan.

Pengembangan otak

Bermain adalah bagian penting dari perkembangan otak anak. Ini salah satu alasan mengapa anak-anak dilahirkan dengan keinginan dan kemampuan untuk bermain. Taman dirancang untuk berbagai jenis permainan yang berbeda, sehingga membantu membangun otak anak karena mereka membayangkan banyak hal-hal.

Vitamin D

Berada di taman bermain juga bermanfaat mendorong anak-anak menghabiskan waktu di luar rumah, di mana mereka bisa mendapatkan udara segar dan vitamin D, yang menyimpan berbagai macam manfaat kesehatan, termasuk membantu anak-anak membangun tulang yang kuat.

Keterampilan sosial

Taman bermain biasanya penuh anak-anak bermain, sehingga memberikan kesempatan bagus bagi mereka untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak lainnya. Ini juga mengajarkan memahami aturan-aturan sosial dan berinteraksi dengan anak-anak dari berbagai usia, memiliki kebutuhan khusus, atau berbeda pandangan.

Perbaikan suasana hati

Bermain di luar adalah pereda stres yang ampuh bagi Anda dan anak-anak. Kadang-kadang perubahan pemandangan dapat mengatasi balita rewel.

Mengenal hewan

Taman tidak hanya tempat yang bagus untuk anak-anak, tapi juga tempat hewan-hewan tinggal. Anak-anak dapat mengenal ikan, angsa, katak, burung, atau kadal.

Keterampilan motorik

Tentu saja taman adalah tempat yang bagus untuk berjalan, memanjat, meluncur, berayun, dan segala macam kegiatan yang mengajarkan keterampilan motorik. Untuk anak prasekolah atau anak-anak yang lebih tua ini menyempurnakan keterampilan mereka. Demikian dilansir Familyshare, Selasa (1/12/2015).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini