nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Karena Ini, MICE Masih Miliki Masalah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2015 13:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 01 406 1258871 karena-ini-mice-masih-miliki-masalah-gLzWGmpiMo.jpg Karena ini MICE masih memiliki masalah (Foto: Event1001)

PEMERINTAH pusat berupaya mengembangkan industri MICE. Untuk pengembangannya sampai saat ini masih terkendala oleh data.

Menurut Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty, selain infrastruktur, kendala dalam pengembangan MICE adalah data. Hal ini untuk mengetahui berapa jumlah wisatawan mancanegara yang didatangkan dari MICE.

"Sejak tahun lalu saya concern dengan data, berapa sebenarnya jumlah wisman MICE," ujarnya pada acara Indonesia MICE Outlook 2016 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Selasa (1/12/2015).

Lebih lanjut, Esthy menjelaskan, selama ini pemerintah memang mendapat data dari BPS. Namun, data yang diperoleh hanya untuk convention dan bisnis.

"Jadi, kita harus duduk bersama untuk sama-sama mendiskusikan ini. Saya harapkan asosiasi juga bisa mendorong ini. Misalnya dari list event didata wisman yang datang, sehingga mungkin bisa dilihat," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini