Telur Bukan Sumber Kolesterol dan Lemak Jahat

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2015 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 481 1258980 telur-bukan-sumber-kolesterol-dan-lemak-jahat-LezRNKmhfs.jpg Telur bukan sumber kolesterol (Foto: Thinkstock)

BAGI Anda yang tidak alergi makan telur, jangan takut mengonsumsinya. Karenanya telur sangat bermanfaat bagi kesehatan kita yang menakjubkan.

Di seluruh dunia, telur telah menjadi sarapan pokok semua orang dari zaman dahulu. Oleh karenanya, telur adalah gudang nutrisi penting yang membuat tubuh kita sehat. Bagaimana bisa?

Ya, satu butir telur hanya mengandung sekitar 80 kalori dan sekitar lima gram lemak. Maka Anda tak perlu khawatir gemuk, meski setiap hari makan telur.

Para ahli melaporkan, telur merupakan sumber yang kaya protein untuk membangun kekuatan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Tubuh yang tercukupi asupan proteinnya pun dapat memperbaiki jaringan serta membuat enzim, hormon dan bahan kimia tubuh lainnya.

Juga, telur merupakan sumber makanan yang rendah karbohidrat. Sehingga ini cocok dikonsumsi untuk orang-oramg yang diet menurunkan berat badan.

Lebih dari itu, nutrisi penting lainnya yang dikandung oleh putih telur adalah riboflavin atau vitamin B2. Adapun manfaatnya membangun metabolisme tubuh dengan baik dan memproduksi energi yang cukup.

Sayangnya banyak orang menghindari makan kuning telur karena tinggi kolesterol. Itu tidak benar, karena ternyata kuning telur hanya mengandung mengandung 1,33 gm kolesterol per 100 gram. Pun, telur merupakan sumber yang kaya vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, lesitin dan besi.

Nah, besi yang ditemukan dalam kuning telur mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh. Menurut para ahli gizi, apabila Anda rutin makan satu satu butir telur setiap hari tidak akan menambah kolesterol jahat dan tingkat darah dalam lemak.

Dengan begitu, manfaat telur rupanya sangat mendukung kesehatan organ tubuh kita yang layak dijaga setiap saat. Demikian dikutip Timesofindia, Selasa (1/12/2015).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini