nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah, Bikin Kaldu dari Air Mendidih

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 07 Desember 2015 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 07 298 1262459 salah-bikin-kaldu-dari-air-mendidih-dfuhncDasQ.jpg Kaldu (Foto:Brettycooker)

ADA kalanya agar cepat, saat memasak memasukkan bahan makanan dalam air yang sudah mendidih. Tapi saat membuat kaldu, cara ini adalah salah.

Merebus tulang untuk jadi kaldu sebaiknya dimulai saat air masih dingin, alias belum mendidih dengan api besar.

Bagian tulang memang memiliki tekstur yang keras, tapi ketika membuat kaldu justru api kecil yang digunakan agar tulang tidak kaget. “Rebus kaldu harus dari air dingin karena agar tulangnya tidak kaget, perlahan dia kena panas jadi sarinya perlahan keluar,” kata Chef Rudy Choirudin saat ditemui di Jakarta.

Pria ramah yang akrab disapa Chef Rudy ini menjelaskan alasan mengapa tulang harus direbus mulai dari air dingin. “Tulang ada lapisan-lapisannya, kalau dimasukkan saat air sudah panas nanti lapisan yang paling luar langsung mengeras dan menutup, jadi bagian sari di dalamnya enggak bisa keluar dan terperangkap,” jelas Chef Rudy.

Sebaliknya jika direbus mulai dari air dingin, maka sari yang ada di dalam akan keluar perlahan dan maksimal. Hal ini yang kemudian akan memengaruhi rasa dan kualitas dari kaldu yang dihasilkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini