Aturan Penting saat Menjenguk Bayi

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 Desember 2015 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 07 481 1262524 aturan-penting-saat-menjenguk-bayi-RAv3p8miCj.jpg Aturan penting saat menjenguk bayi (Foto: Boldsky)

BILA ada kerabat dekat yang baru saja melahirkan, pasti Anda ingin menjenguknya dan berkeinginan untuk menggendong si bayi. Namun ada aturan sebelum Anda menggendong bayi tersebut.

Berikut lima aturan yang wajib Anda patuhi sebelum menengok bayi yang baru lahir, seperti ulasan berikut yang disitat Boldsky, Senin (7/12/2015).

Hindari merokok

Asap rokok dapat mengiritasi bayi, yang akhirnya juga berdampak pada kesehatan bayi. Oleh karenanya, jika Anda mengunjungi bayi yang baru lahir, pastikan bahwa Anda jangan merokok di hari itu.

Hindari pegang bayi

Jangan pernah mencoba untuk menggendong bayi, kecuali jika Anda adalah kerabat dekat. Karena bisa saja si orangtua tidak akan nyaman pada setiap orang yang menengoknya, apalagi kalau bayinya terlalu sering disentuh. Juga, jangan pernah mencoba untuk mencium si bayi meski terlihat menggemaskan, karena itu dapat menyebarkan kuman.

Hindari penggunaan parfum menyengat

Meskipun bayi yang baru lahir tidak memiliki indera yang kuat, saat mereka bersentuhan dengan orang yang memakai parfum menyengat akan memperburuk reaksi alergi. Makanya setiap dokter tidak menyarankan untuk memakai parfum saat Anda berada di sekitar bayi.

Jangan hadiahi mainan

Jangan pernah untuk memberi sang bayi hadiah boneka atau mainan lain, karena dikhawatirkan menjadi sarang kuman. Sebaiknya Anda dapat membelikan mereka pakaian, karena lebih bermanfaat dan dianggap sebagai hadiah ideal.

Jangan datang bila Anda sakit

Jika Anda merasa kurang enak badan, jangan memaksa untuk menjenguk bayi baru lahir. Karenanya sistem kekebalan tubuh bayi lemah, dan mudah terinfeksi dan jatuh sakit. Meski bukan bayi Anda sendiri, sudah sepatutnya juga ikut menjaga kesehatan mereka.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini