Otak Pria Menua Lebih Cepat daripada Wanita

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2015 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 08 481 1262895 otak-laki-laki-menua-lebih-cepat-daripada-wanita-gLgJeALOWz.jpg Otak pria lebih cepat menua (Foto: Independent)

SEBUAH pepatah lama mengatakan laki-laki menua seperti wine yang baik, sementara perempuan menua seperti segelas susu. Tetapi, kini para ilmuwan telah menemukan bahwa otak laki-laki ternyata menua lebih cepat daripada otak perempuan.

Para peneliti menarik kesimpulan mereka dari analisis dengan pemindaian otak laki-laki dan perempuan yang berusia rata-rata 32 tahun. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan antara kedua jenis kelamin dalam struktur sub kortikal otak mereka.

Seperti dilansir dari Timesofindia, Selasa (8/12/2015), otak laki-laki kehilangan lebih banyak materi di nucleus caudatus daripada otak perempuan dan volume putamen, yaitu bagian dari otak yang berhubungan dengan gerakan dan pengolahan emosional.

"Volume materi abu-abu menurun lebih cepat pada otak laki-laki daripada otak perempuan menekankan interaksi antara penuaan dan jenis kelamin pada struktur sub kortikal," tulis peneliti.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini