nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atasi Perut Kembung Bumil Tanpa Obat

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2015 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 10 481 1265022 atasi-perut-kembung-bumil-tanpa-obat-LRYOdY4dRv.jpg Atasi kembung pada bumil (Foto: Boldsky)

APABILA Anda sering merasakan perut kembung selama kehamilan, tentu akan menjadi hal yang paling tak nyaman. Masalah ini dapat mempengaruhi proses pencernaan, yaitu karena adanya pembentukan gas di dalam usus.

Ada beberapa cara mencegah perut kembung selama masa kehamilan yang diperhatikan seorang wanita, berikut ulasannya yang dilansir Boldsky, Jumat (11/12/2015).

Hindari makanan bergas

Hindari makanan berlemak, mengandung gas, dan minuman bersoda. Contoh yaitu soda, jus buah, jagung, kacang-kacangan, bawang, kubis, pir, kembang kol, brokoli, kentang, madu, asparagus dan pemanis buatan. Ini wajib dilakukan agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga kesehatannya setiap waktu.

Makan porsi kecil

Selama hamil, jangan terburu-buru untuk melahap makanan dengan porsi besar. Pasalnya, makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan Anda akan diubah menjadi udara, apabila porsinya terlalu berlebihan. Akibatnya, perut Anda kembung sepanjang hari, dan ini sangat tidak nyaman.

Pilih makanan berserat

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah perut kembung. Serat adalah nutrisi yang ramah sistem pencernaan, karena membuat fungsi usus Anda bekerja normal.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini