nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangkar Kapal Bikin Terumbu Karang Rusak

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2015 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 12 11 406 1265871 jangkar-kapal-bikin-terumbu-karang-rusak-IZVv3UxwI7.jpg Jangkar kapal bikin terumbu karang rusak (Foto: Foxnews)

TERUMBU karang di Kepulauan Cayman terlihat rusak. Kerusakan tersebut akibat jangkar dari Cruise Zenith.

Sebuah video berdurasi 1:41 menit memperlihatkan sebuah karang yang rusak akibat terseret rantai dari jangkar cruise.

Video ini diambil oleh seorang penyelam bernama Scott Prodahl yang tengah menjelajahi keindahan perairan Karibia.

“Sebagian besar karang benar-benar hancur hari ini,” tulis Prodahl dikutip Dailymail, Sabtu (12/12/2015).

Kapal pesiar Zenith berukuran cukup besar dengan 12 dek dan membawa lebih dari 1.800 penumpang serta 600 kru. Kapal ini berlabuh di pelabuhan George Town saat menurunkan jangkar.

Padahal dalam beberapa dekade terakhir sebelumnya, bagian karang murni tidak pernah diizinkan untuk dilabuhi kapal. Bahkan, penyelam dilarang mengambil ikan dan apapun yang ada di dalam perairan ini.

Sesaat setelah rantai jangkar tertarik, karang tersebut mengeluarkan debu dan menimbulkan kerusakan yang sangat disayangkan.

“Video ini diambil sekria satu jam setelah jangkar dijatuhkan, saya tidak bisa membayangkan seperti apa sekarang,” tambah Prodahl.

Karang yang proses pertumbuhannya bisa sampai ribuan tahun itu terpaksa hancur pada sebagian sisinya sehingga tidak utuh lagi.

Prodahl pun menyayangkan keputusan pejabat yang mengatakan cruise tersebut tidak menyalahi aturan dan berhenti di zona yang sesuai.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini