Bubur Solo, Kuliner Lezat Paduan Bubur & Gudeg

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2015 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 12 298 1266160 bubur-solo-kuliner-lezat-paduan-bubur-gudeg-W1U9ljhs84.jpg Bubur khas Solo (Foto:Devi/Okezone)

KULINER Solo ternyata banyak yang patut dieksplorasi. Pasalnya di kota ini bukan hanya nasi liwet dan selat solonya yang lezat, banyak lagi hidangan yang patut dicoba.

Salah satunya bubur solo. Jika bubur biasanya disajikan dengan kuah kari serta topping berupa ayam suwir, kacang goreng, bawang goreng, daun seledri dan kerupuk. Maka bubur solo tak demikian.

Semangkuk bubur solo berisi bubur nasi lembut yang dipadukan dengan gudeg solo, krecek dan sayur tahu. Rasa bubur yang tawar akan komplet jika dimakan bersama gudeg yang manis gurih, krecek yang pedas serta sayur tahu yang juga gurih.

Di kota asalnya, bubur solo ini jadi hidangan yang populer terutama pada pagi atau malam hari. Ny Swan, pemilik restoran Dapur Solo yang juga asli berdarah Solo mengatakan bubur solo adalah kuliner wajib coba selain nasi liwet dan nasi langi.

"Ini harus dicoba. Enak sekali, campuran lauk di atasnya itu banyak. Berbeda dengan bubur yang banyak di Jakarta, bubur solo terasa lebih berbumbu" kata Ny. Swan kepada Okezone saat ditemui di Gelaran Cita Rasa Solo (GCRS) yang diadakan di Sunter, Jakarta Utara. GCRS diadakan hingga hari ini, Minggu (13/12/2015) di pelataran restoran.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini