Buah Kering Ternyata Bantu Hangatkan Tubuh

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2015 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 15 298 1268203 buah-kering-ternyata-bantu-hangatkan-tubuh-KfPeLe5Gpa.jpg Buah kering bantu hangatkan tubuh (Foto:Boldsky)

ORANG China percaya bahwa makanan tertentu dapat berdampak suhu tubuh. Saat cuaca sedang panas, selera pasti inginnya menyantap makanan yang dingin. Begitu juga sebaliknya saat cuaca sedang dingin.

Meski tubuh punya metabolisme yang dapat menyesuaikan dengan suhu sekitar, tapi peran makanan juga penting untuk membantu menjaga suhu tubuh. Dilansir dari Boldsky, Rabu (16/12/2015) berikut makanan yang membuat tubuh tetap merasa hangat.

Sup pedas

Nikmati semangkuk sup panas saat cuaca sedang bersuhu dingin. Suhu sup yang hangat akan membuat tubuh terasa nyaman. Isian sup yang terdiri dari sayuran dan sumber protein juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Kafein

Kafein terbukti dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda. Secangkir kopi hangat di pagi hari bisa menghangatkan pagi Anda sebelum mulai beraktifitas. Tapi bukan berarti Anda bisa minum kafein dalam porsi yang berlebihan. Kopi yang terlalu banyak malah akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh, terlebih mereka yang punya masalah pada lambung.

Rempah-rempah

Selain ditambahkan dalam masakan, beberapa jenis rempah juga bisa dijadikan minuman herbal. Rebus beberapa jenis rempah lalu minum airnya, beberapa rempah memiliki manfaat untuk menghangatkan perut. Tapi jangan terlalu banyak makan makanan berempah karena efeknya tentu tidak diinginkan.

Buah kering

Siapa sangka buah kering ternyata bisa membuat tubuh terasa hangat. Kurma, aprikot kering, ceri kering dan berbagai buah kering lainnya secara alami bisa membuat tubuh hangat. Jadi menjadikan buah kering ini sebagai camilan saat musim hujan adalah pilihan tepat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini