nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daging Steik Termahal di Dunia Rp45 juta

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2015 14:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 16 298 1268769 daging-steik-termahal-di-dunia-rp45-juta-ffwq37UZrE.jpg Daging steak termahal di dunia (Foto:Foodbeast)

DAGING sapi termahal di dunia dijual oleh tukang daging asal Prancis, Alexandre Polmard. Ia pernah menjual rib steak 2000 vintage Cotr de Beouf  yang dibanderol USD3200 atau sekira Rp45 juta.

Alexandre Polmard adalah generasi keenam keluarga Polmard Boucherie yang menjual daging sejak 1846. Lalu apa yang membuat daging sapi tersebut bisa sangat mahal? Jawabannya adalah cara penyimpanan daging dan perawatan sapi itu sendiri saat masih diternak.

Daging sapi disimpan dengan cara hibernasi. Dimana daging sapi disimpan dalam suhu -43 derajat Celcius dan ditiup dengan angin dingin berkecepatan 75 mil per jam, selama 28-56 hari. Menurut Polmard, daging yang dihibernasi tidak akan mengurangi kualitas daging sama sekali.

"Saya ingin mengaplikasikan dunia pembuatan anggur ke toko daging tradisional dan ingin menawarkan daging sapi dengan cita rasa luar biasa,” kata Alexandre kepada CNN seperti dilansir Foodbeast, Rabu (16/12/2015).

Salah satu daging terbaik yang dijual Alexandre adalah sebuah rib steak 2000 vintage Cotr de Beouf yang dibanderol USD3200 atau sekira Rp45 juta. Daging berasal dari sapi ternak yang populer di Prancis yang disebut Blonde Aquitaine, dan diternak di dekat kota Saint Mihiel di kawasan Meuse, timur laut Prancis.

Untuk menjaga kualitas sapi kelas dunia itu, Alex membuat sapi sebisa mungkin terbebas dari stres. Perlu diketahui, sapi yang mengalami stres, maka tubuh sapi akan melepas glikogen, asam laktat dan adrenalin yang membuat otot tegang serta terjadi perubahan keasaman dari otot mereka. Hal itu berarti bahwa daging sapi teksturnya keras dan cenderung berbau.

"Keluarga saya tidak memelihara hewan di gudang, di mana mereka tidak memiliki ruang atau ruang untuk menjelajah," kata Alex. Tak hanya itu, ia juga mengobrol dengan si sapi sebelum disembelih agar merasa nyaman.

Alex menjual daging steak tersebut ke chef ternama untuk dijadikan hidangan spesial. Salah satu tempat dimana daging sapi miliknya sangat populer adalah di Caprice, Four Seasons Hotel, Hong Kong, yang berpredikat dua bintang Michelin.

"Ini daging langka. Millesisme Cote de Boeuf, Vintage 2000 jadi hidangan utama dengan harga USD700 atau Rp9,8 juta perorang," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini