Perawatan Behel Tak Sembarangan, Ini Langkahnya!

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2015 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 16 481 1268742 perawatan-behel-tak-sembarangan-ini-langkahnya-b9UIkwVwyR.jpg Pasang behel tidak bisa sembarangan (Foto: Jbdental)

PERAWATAN behel seperti terlihat mudah. Padahal, banyak yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk perawatan behel. Apa saja?

Menurut, drg Fadli Jazaldy SpOT dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, kontrol rutin penting untuk hasil optimal saat pemasangan pertama kali. Kawat gigi akan dipasang dengan sedikit tekanan agar gigi menyesuaikan terlebih dulu. Pada kesempatan berikutnya, pasien bertemu dokter spesialis orto dalam kontrol, pembetulan akan dilakukan untuk menambah tekanan pada gigi.

"Tekanan pada kawat gigi diberikan secara bertahap. Kalau langsung diberi tekanan berat, maka gigi akan lebih goyang dan pasien akan kesakitan. Itu pentingnya kontrol dua sampai tiga minggu sekali. Selain itu, kontrol juga penting untuk mengaktifkan atau mengoptimalkan elastik di kawat gigi," jelasnya.

Pemasangan retainer penting untuk mencegah gigi kembali berantakan. Ia juga mengingatkan, pasien sebaiknya tidak hanya rutin kontrol gigi di awal-awal. Bahkan, setelah beberapa tahun pemasangan, pasien harus tetap kontrol untuk menghindari relapse dengan pemasangan retainer.

"Relapse mungkin saja terjadi karena banyak faktor. Untuk mereka yang sudah menggunakan kawat gigi, alat rerainer bisa dipasang untuk menahan gigi pada posisi tertentu. Pasien biasanya lupa pakai retainer karena nggak tuntas perawatan," pesannya.

"Karena itu, saat memakai kawat gigi, yang terpenting adalah perawatan. Jadi pasien harus punya attitude, disiplin, dan ada penggunaan peralatan gigi khusus untuk itu. Kalau tidak disiplin perawatan, malas jaga kebersihan, risiko masalah gigi lainnya akan meningkat," tuturnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini