nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Bisa Cegah Anak Jadi Pelaku Bullying

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2015 15:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 17 196 1269617 bayi-bisa-cegah-anak-jadi-pelaku-bullying-fblSgmtFfz.jpg Bayi bisa cegah anak jadi pelaku bullying (Foto: Endbullying)

PROGRAM penelitian terbaru menemukan bayi baru lahir bisa menjadi kunci menghentikan bullying. Sebab, perilaku agresif anak-anak berkurang setelah mereka berkenalan dengan bayi.

Studi tersebut ditemukan di Skotlandia baru-baru ini. Penelitian mengambil sampel dari anak-anak berusia lima hingga delapan tahun di 26 daerah. Di mana bayi mengunjungi ruang kelas anak-anak di sekolah.

Dari kunjungan rutin bayi selama sepekan dalam ruang kelas, menunjukkan hasil yang mengejutkan. Anak-anak yang tadinya agresif, suka menggertak, bahkan anak perempuan manja berubah perilaku menjadi penuh empati.

Seorang guru mengatakan, melihat bayi yang usianya lebih kecil dari mereka membuat anak-anak ingin bersikap baik. Siswa yang empatinya rendah sangat diuntungkan dengan program semacam ini.

"Beberapa gadis yang manja, egois, dan sering terlibat dalam perselisihan, menunjukkan berubahan besar. Mereka bersikap lebih baik di depan orang lain," tutur salah seorang guru di Seattle Lake Forest Park Elementary.

Suasana ruangan kelas juga berubah ketika seorang bayi hadir. Anak-anak mulai berpikir tentang bagaimana rasanya diperlakukan dengan cara tertentu, karena mereka tidak suka kalau dimarahi.

Program ini mendapatkan perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Ketika orangtua mulai cemas dengan dampak bullying yang terjadi pada anak mereka. Demikian dikutip dari Familyshare, Kamis (17/12).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini