nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Musim Hujan Harus Sering Cuci Handuk

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2015 11:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 18 481 1270183 alasan-musim-hujan-harus-sering-cuci-handuk-hfpVY8r23Y.jpg Mencuci handuk (Foto: Towelswell)

MUSIM hujan seperti ini, kita akan kesulitan menjemur pakaian, termasuk handuk kita. Menurut ahli, cuaca lembab yang membuat handuk kita tidak bisa kering mengharuskan kita lebih sering mencuci handuk, .

Cairan anal urinal dari area vital kita, jamur, dan ribuan sel-sel kulit mati yang menempel di handuk bersama air adalah tempat kuman dapat tumbuh subur. Handuk yang lembab dan kotor tersebut bisa sebabkan infeksi jika terkontak dengan kulit yang terluka.

“Sebaiknya jangan pakai handuk lebih dari tiga kali. Handuk pun seharusnya selalu dijemur hingga kering. Jika memang lingkungan membuat handuk lembab terus menerus, maka handuk harus lebih sering dicuci,” kata Prof Philip Tierno, ahli mikrobiologi dari New York school of Medicine, dikutip dari news.com.au, Jumat (18/12/2015).

Setiap kali handuk digunakan, berbagai jenis kuman dari permukaan tubuh akan berpindah ke handuk. Kuman-kuman itu akan tumbuh, apalagi dengan diberi makan dengan kotoran-kotoran yang juga berasal dari tubuh.

"Sebagian besar sadar bahwa handuk bisa menjijikkan, apalagi jika Anda tidak cukup sering mencucinya," ujar Prof Tierno, yang menambahkan bahwa bila Anda sudah mencium bau apak dari handuk, Anda harus mencucinya segera, karena itu menandakan pengering badan Anda sudah penuh bakteri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini