nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Berendam Air Hangat bagi Bumil

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2015 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 18 481 1270224 bahaya-berendam-air-hangat-bagi-bumil-CPn5sh6rNO.jpg Berendam air hangat (Foto: Mariannetheuma)

BUMI hamil atau bumil yang berendam air hangat lebih dari 10 menit akan menimbulkan bahaya bagi dirinya dan janin. Karena itu, ada anjuran yang wajib diterapkan seorang ibu agar kondisi kehamilannya aman dan tetap sehat.

Bahaya berendam air panas diketahui dapat mengancam kehidupan sang janin. Juga, bagi ibunya akan menyebabkan infeksi vagina. Adapun anjurannya, ada empat hal yang penting dilakukan selama berendam. Bagaimana?

Pilih waktu pagi hari

Dilansir Boldsky, Jumat (13/12/2015), selama hamil tubuh Anda cenderung menjadi sangat sensitif, apalagi kalau mandi di jam larut malam. Hal ini secara drastis dapat mengubah suhu tubuh Anda atau mengundang banyak infeksi. Pilih waktu yang tepat, seperti di pagi hari sebelum beraktivitas, karena membuat Anda merasa nyaman dan hangat.

Jangan berendam di bath up

Apabila Anda melakukan sauna di dalam bath up, risikonya sangat berbahaya yaitu dapat menghentikan perkembangan janin. Selain juga, masalah lain akan menyebabkan perdarahan vagina atau kebocoran cairan ketuban.

Jangan mandi setelah makan

Hindari mandi di saat Anda selesai makan. Karena perut Anda yang kenyang akan berpengaruh terhadap pengembangan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah bisa menurun. Ini juga dapat menyebabkan darah untuk bergerak ke bagian bawah tubuh dan aliran darah ke bayi akhirnya akan menurun. Juga, pencernaan Anda akan menurunkan kadar gula darah..

Minum air putih selama mandi

Untuk menghindari risiko dehidrasi selama mandi, simpanlah botol air minum di kamar mandi. Karena mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh Anda dehidrasi, yang akhirnya melemahkan tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini