Inikah Obat untuk Sembuhkan Gangguan Jiwa?

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 21 Desember 2015 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 20 481 1271629 inikah-obat-untuk-sembuhkan-ganguan-jiwa-JN1Ut1M1q0.jpg Ilustrasi gangguan kejiwaan (Foto: Haikudeck)

PENYAKIT Skizofrenia yang kerap kali dianggap penyakit gila oleh orang awam dapat diobati dengan diet tinggi lemak. Menurut peneltian, diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat yang umumnya disukai binaragawan efektif mengobati skizofrenia.

Skizofrenia adalah penyakit mental kronis yang merusak yang mempengaruhi hampir satu persen orang di seluruh dunia. Tidak ada obat yang digunakan untuk meringankan dan menghasilkan efek samping seperti gangguan gerakan, berat badan, dan penyakit kardiovaskular.

Para peneliti menemukan dari penelitian dengan tikus, mereka yang diberi makan diet ketogenik, yang tinggi lemak tapi rendah karbohidrat (gula), mengurangi perilaku hewan yang menyerupai skizofrenia. Diet ini sebelumnya telah digunakan sejak 1920-an untuk mengelola epilepsi pada anak.

Diet ini bekerja dengan menyediakan sumber energi alternatif dalam bentuk yang disebut keton tubuh (produk dari pemecahan lemak) dan membantu untuk menghindari fungsi jalur energi sel abnormal pada otak penderita skizofrenia, kata salah satu peneliti Zoltan Sarnyai dari James Cook universitas di Queensland, Australia.

"Sebagian besar energi seseorang akan datang dari lemak. Jadi diet akan terdiri dari mentega, keju, salmon, dan lain-lain. Awalnya itu akan digunakan di samping pengobatan rawat jalan di mana diet pasien dapat dikendalikan," Sarnyai menjelaskan.

Penelitian, yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Schizophrenia Research ini, juga menunjukkan tikus pada diet ketogenik berat badannya berkurang dan memiliki kadar glukosa darah lebih rendah dari tikus yang diberi diet normal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini