Share

Beras dengan Pemutih Hampir Tidak Bisa Dibedakan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2015 00:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 21 298 1272261 beras-dengan-pemutih-hampir-tidak-bisa-dibedakan-oUHDPDGR0A.jpg Beras (Foto:Gayatriorganics)

NASI dimakan setidaknya tiga kali sehari, sehingga kualitasnya harus diperhatikan betul. Membeli beras yang bagus mungkin sudah bisa tapi bagaimana dengan beras yang aman?

Arti aman di sini yakni beras tanpa pemutih, tanpa pengawet ataupun seperti yang beredar belakangan, yaitu beras plastik. Khusus untuk beras dengan tambahan pemutih, dijelaskan pakar kuliner kenamaan Bondan Winarno beras berpemutih hampir tak bisa dibedakan.

"Susah membedakannya, bahkan hampir tak bisa dibedakan kalau hanya dilihat atau dipegang saja. Harus diteliti uji laboratorium baru ketahuan pakai zat kimia pemutih atau tidak," kata Bondan saat ditemui Okezone di Jakarta.

Bondan menyarankan, jika ingin lebih merasa aman maka pilih beras yang warnanya agak kusam. "Beli yang kusam, itu justru bagus atau beli yang mereknya sudah pasti," tutup pria yang terkenal dengan celetuk 'Mak Nyuss' ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini