Inilah Alat Kontrasepsi Pria Paling Ampuh

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 21 Desember 2015 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 21 481 1272102 inilah-alat-kontrasepsi-pria-paling-ampuh-ci2wFpux3R.jpg Ilustrasi konsultasi ke dokter (Foto: Vasectomykerry)

SELAMA ini, program Keluarga Berencana (KB) selalu identik dengan wanita. Padahal, pria juga bisa menggantikan peran wanita dengan Metode Operasi Pria (MOP), atau lebih dikenal vasektomi.

Vasektomi salah satu alternatif lain alat KB untuk pria yang bertujuan menekan angka pertambahan penduduk. KB jenis ini merupakan salah satu alat KB untuk pria yang paling ampuh menekan angka pertambahan penduduk.

"Vasektomi sudah terbukti keberhasilannya 99,84 persen. Kami juga menyebutnya sebagai KonTap (Kontrasepsi Mantap-Red)," jelas Asnawi Nazar, Ketua Kelompok KB Pria Sehati, Kab. Meranti, Selat Panjang, kepada Okezone di Hotel Rindu Sempadan, Muara Fajar, Pekanbaru, Riau, Senin (21/12/2015).

Metodenya dengan melakukan operasi kecil pada saluran yang mengalirkan sperma dari testis ke alat kelamin dan akan diikat atau diputus. Sehingga, sperma pria tak mampu membuahi sel telur wanita.

Mungkin bagi masyarakat awam, vasektomi masih belum familiar sebagai alat kontrasepsi yang tepat untuk pria. Segelintir orang mengatakan, vasektomi sama saja dengan kebiri. Padahal anggapan itu tidak benar sama sekali.

Jika ingin lepas dari vasektomi. Saluran sperma pria masih bisa direkanalisasi kembali, sehingga masih tetap bisa punya anak. Karena itu, selain kondom, vasektomi bisa jadi alternatif KB untuk kaum pria yang aman.

"Jadi tak perlu khawatir jika pria mau vasektomi," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini