Sederet Keuntungan Pria Ber-KB

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 21 Desember 2015 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 21 481 1272175 sederet-keuntungan-pria-ber-kb-rZrl9XxqH3.jpg Ilustrasi periksa ke dokter (Foto: Healthyguides)

UNTUK menekan angka kelahiran dan pertambahan penduduk, BKKBN mengenalkan berbagai program, salah satunya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan Metode Operasi Pria (MOP) atau lebih dikenal dengan vasektomi.

Vasektomi merupakan salah satu langkah kontrasepsi yang dilakukan pria. Tak perlu khawatir bagiĀ  yang ingin melakukan vasektomi, pasalnya, program KB pria ini punya sederet keuntungan.

"Tak perlu khawatir jika pria vasektomi karena kontrasepsi jenis ini punya banyak keuntungan dan minim resiko bagi penggunanya," kata Asnawi Nazar, Ketua Kelompok KB Pria sehati, Kab. Meranti, Selat Panjang, kepada Okezone di Hotel Rindu Sempadan, Muara Fajar, Pekanbaru, Riau, Senin (21/12/2015).

Dengan adanya vasektomi, paling tidak dapat menggantikan peran istri dalam ber-KB. Para istri tak perlu repot lagi untuk minum pil KB setiap hari, pasang implan (susuk) tiap bulan, suntik KB setiap tahun dan sebagainya.

Selain itu, secara tidak langsung penggunaan KB pada pria ini juga berdampak dari segi ekonomi. Pria hanya sekali melakukan vasektomi, dan tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya KB yang dilakukan para wanita pada umumnya.

Vasektomi juga bisa dikatakan sebagai KB Kontap ( Kontrasepsi Mantap). Pasalnya, sudah teruji tingkat keberhasilannya sekira 99,85%. Selain itu, program KB untuk pria ini juga tak berdampak pada kesehatan ataupun libido pria.

"Buktinya saya sudah pakai 5 tahun. Enggak dampak pada kesehatan, libido tetap stabil," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini