Share

Ngemil Malam Turunkan Daya Ingat?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2015 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 23 481 1273681 ngemil-malam-turunkan-daya-ingat-b6UNOsMYHH.jpg Ngemil di malam hari (Foto: Dailymail)

NGEMIL di malam hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan daya ingat. Benarkah?

Mencerna makanan menjelang waktu tidur akan menjadi malapetaka terhadap hippocampus, yaitu bagian dari otak yang berfungsi merekam ingatan. Para ilmuwan University of California yang menguji teori ini pada tikus menemukan, mereka yang diberi makan selama waktu tidur normal kurang mampu mengingat.

Tikus yang aktif di malam hari biasanya akan makan di malam hari. Peneliti mencoba untuk memberi makan sebagian dari mereka pada siang hari.

Tikus uji coba ini diberi kejutan dengan meletakkannya di tempat baru. Ketika dikembalikan ke tempat lamanya, para tikus malam ini menujukkan respon takut.

โ€œKarena banyak orang bekerja di waktu tidur makan, sehingga mereka perlu mengetahui bahwa ini bisa mempengaruhi fungsi otak,โ€ tulis Christopher Colwell dari UCLA yang dikutip Dailymail, Rabu (23/12/2015).

Para ilmuwan menekannya, temuan mereka belum dikonfirmasi pada manusia. Tapi, mereka menganggap ini menjadi suatu hal yang penting, terutama bagi pekerja shift malam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini