Asal Muasal Mi Godog Yogyakarta

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2015 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 25 298 1274437 asal-muasal-mi-godog-yogyakarta-6aMiiUliYg.jpg Mi godog yogyakarta (Foto:Kuliner 123)

MI rebus merupakan salah satu comfort food yang cocok dinikmati saat musim hujan. Di Indonesia, hidangan ini sudah tidak asing lagi, dan cukup banyak variasinya di tiap daerah.

Misalnya di Yogyakarta, ada satu hidangan mi rebus yang cukup populer, yakni mi godog yogyakarta atau lebih dikenal mi godog jogja. Sebelumnya, sajian ini terkenal dengan sebutan bakmi jawa, namun mi godog yogyakarta punya ciri dan cita rasa yang khas.

Mi godog yogyakarta punya aroma bawang putih dan penggunaan telur bebek yang khas pada campuran kuah kaldunya. Selain itu, mi kuning yang cukup tebal serta sayur kol dan tomat adalah salah satu ciri khas mi godog jogja.

Sebagaimana disarikan dari buku 100 Mak Nyus Jakarta, karya Bondan Winarno, Lidia Tanod dan Harry Nazarudin, Jumat (25/12/2015), konon, sajian ini lahir dari popularitas mi goreng dan mi kuah ala Tionghoa yang kemudian beradaptasi dengan kaidah makanan halal di Yogyakarta, sekaligus rasanya juga cocok dengan selera dan lidah orang Jawa.

Untuk mempertahankan cita rasa dan kualitasnya. Tak jarang beberapa gerai mi godog di Kota Pelajar itu menyuguhkan hidangan ini dengan dimasak satu persatu dan harus di atas tungku arang. Jangan heran jika sedang membeli mi di beberapa warung bakmi jawa, Anda harus lebih bersabar menunggu antrean panjang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini