Alkohol Bikin Berat Badan Naik?

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2015 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 25 481 1274452 alkohol-bikin-berat-badan-naik-ceySrGWwsV.jpg Minuman anggur merah (Foto: Licdn)

ALKOHOL dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sebagai sumber gula, alkohol memiliki efek yang sama seperti yang lain, meningkatkan insulin, dan meningkatkan penyimpanan lemak di hati.

Ahli gizi, Charlotte Watts, seperti dilansir dari Dailymail, Sabtu (26/12/2015), gula berlebih dapat menumpuk dan disimpan sebagai lemak di perut. Ini juga terbukti disebabkan efek stres yang meningkatkan kadar hormon stres kortisol.

Konsumsi alkohol terus menerus telah terbukti meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Ini adalah akar penyebab klasik 'perut bir'. Tapi bukan hanya bir itu sendiri yang sebabkan pertambahan berat badan. Minuman manis seperti fortified beer, sherry, dan port mengandung gula jauh lebih tinggi, sehingga bisa tingkatkan berat badan.

Alkohol tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi juga dapat memicu kekembungan. Alkohol juga cenderung membuat kita kembung karena beban di liver dan adanya ketidakseimbangan elektrolit mineral yang dapat membuat retensi cairan.

Bagi wanita, itu juga dapat meningkatkan kadar estrogen, yang cenderung untuk memicu pertambahan berat badan di daerah yang khas seperti perut, paha, dan pinggul.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini