nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Anak Selalu Berbohong

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2015 07:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 28 196 1276284 alasan-anak-selalu-berbohong-FR0UWu05fg.jpg Alasan anak selalu berbohong (Foto: Thelifeofasinglemom)

ORANGTUA mana yang senang bila anaknya suka berbohong padahal umurnya masih muda belia. Terlebih lagi bila anak tersebut sebenarnya baik dan tidak pernah macam-macam. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan anak suka berbohong.

Mereka melihat berbohong itu mudah dan aman untuk menyelesaikan masalah

Anak-anak belum bisa memahami penyebab dan efek yang dilakukan oleh orang dewasa untuk menyelesaikan masalah. Mereka tidak tahu risiko apa yang akan terjadi apabila mereka berbohong. Jadi sebaiknya berikan contoh yang baik kepada anak-anak sebelum mereka mencontoh setiap perilaku.

Mereka ingin menyembunyikan rasa malu

Tak ada orang yang dengan mudah mengakui kesalahannya, begitu pula dengan anak-anak. Dan itu menjadi penyebab utama seseorang berbohong. Namun disini lain, bukan hanya tak ingin merasa malu, anak-anak bisa dengan mudahnya berbohong untuk menutupi rasa malunya karena mereka belum memahami kalau berbohong bukanlah ‘alat’ untuk menyembunyikan rasa malu.

Mereka mengingat kebenaran yang berbeda

Daya tangkap anak untuk memahami suatu permasalahan masih minim, mereka terkadang akan menganggap bohong itu hal wajar. Misalnya, orang dewasa terus-menerus mencontohkan kebohongan dengan alibi demi kebaikan. Sehingga, yang tertanam dalam otak anak, berbohong itu adalah kebenaran yang berbeda. Demikian dilansir YourTango, Selasa (29/12/2015).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini