Bikin Kaldu Bening, Begini Triknya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2015 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 28 298 1276161 bikin-kaldu-bening-begini-triknya-eY6gGzehpE.jpg Ilustrasi kaldu (Foto:Splendidtable)

KRITERIA kaldu yang bagus adalah yang punya rasa gurih dan bening. Rasa gurih mungkin mudah didapatkan tapi kaldu yang bening membutuhkan penanganan tersendiri.

Chef Andy Hartono mengatakan, rasa gurih pada kaldu itu wajib. Tapi untuk membuat warnanya menjadi bening, itu tergantung olahan yang akan dibuat. Misalnya mau bikin sup consome.

"Ya itu harus bening kaldunya, sama sekali tak boleh ada partikel kecil yang mengambang tapi rasanya gurih,” kata Chef Andy yang juga pemilik restoran di Jakarta.

Chef muda ini juga menjelaskan, untuk membuat kaldu yang bening bisa menggunakan bantuan kain filter untuk menyaring hasil kaldu. Cara pengolahannya sama saja, yaitu dengan cara direbus sekian jam tergantung banyak atau tidaknya kaldu yang ingin dibuat.

"Kalau perlu disaring berulang supaya benar-benar bening,” terang cucu pemilik restoran Es Teler 77 ini.

Kain filter yang dimaksud Chef Andy ini bisa didapatkan di toko perlengkapan masak atau toko bahan kue. Pria ramah ini juga mengatakan semakin kecil pori-pori kain maka semakin bersih juga kaldu yang dihasilkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini