Cara Saring Kaldu agar Bening

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2015 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 29 298 1276654 cara-saring-kaldu-agar-bening-BvzXKLApja.jpg Kaldu bening (Foto:Clearsoup)

KALDU yang keruh membuat sup terlihat kotor. Untuk membersihkan sisa sari kaldu yang menggenang, banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan menyaringnya.

Kaldu yang sudah matang bisa langsung disaring menggunakan kain filter tapi jika ingin kaldu lebih bersih lagi maka membutuhkan waktu yang agak lama. Chef Andy Hartono menjelaskan, kaldu bisa disaring maksimal dengan cara dibekukan terlebih dulu sebelum disaring.

“Siasatnya banyak, bisa langsung disaring kalau enggak punya waktu banyak. Tapi kalau punya waktu banyak, kaldu bisa dibekukan dulu baru disaring,” kata Chef Andy kepada Okezone saat ditemui di Jakarta.

Pemilik restoran makanan khas Jepang ini menjelaskan cara menyaringnya. Pertama, kaldu yang sudah jadi disimpan dulu semalaman sampai benar-benar beku jadi es batu. Kemudian setelah beku kaldu dibungkus dengan kain filter berpori halus.

"Gantungkan dengan bagian bawah dialasi panci, perlahan nanti airnya menetes sedikit-sedikit. Itu kaldunya bening tapi agak lama memang,” pungkas Chef Andy.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini