Cukupkah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari?

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2015 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 481 1277309 cukupkah-minum-air-putih-8-gelas-sehari-tMZonvg8TK.jpg Minum air putih (Foto: Fitnesskites)

SEKIRANYA minum 8 gelas air putih (H2O) sehari adalah rekomendasi para ahli untuk tetap terhidrasi. Tapi ini masih menjadi dilema dan diperdebatkan, apakah ukuran itu cukup atau tidak untuk kebutuhan sehari-hari?

Dokter mengatakan aturan delapan gelas sehari tidak bisa dijadikan patokan. Bagaimanapun, kebutuhan minum Anda bergantung pada Anda tingkat aktivitas, diet, usia, cuaca dan iklim. Anda mungkin membutuhkan lebih atau kurang dari delapan gelas.

Seperti dilansir dari Timesofindia, Rabu (30/12/2015), daripada menghitung konsumsi cairan Anda, ahli merekomendasikan hitung berapa kali Anda bolak balik kamar mandi untuk buang air kecil. Lima kali buang air kecil sehari adalah rata-rata internasional.

Selain itu, mengukur cukup tidaknya Anda minum dapat dilihat dari warna urin. Jika warna air seni Anda tampak seperti air limun atau lebih jernih, maka Anda baik-baik saja. Bila warnanya makin kuning pekat, maka Anda perlu banyak minum.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini