Image

Waspadai Bahaya Penularan Penyakit Tuberkulosis

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2015, 14:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 30 481 1277497 waspadai-bahaya-penularan-penyakit-tuberkulosis-mEsdRU2nUI.jpg Waspadai penularan penyakit tuberkulosis (Foto: Tuberkulosis)

HATI-hati jika berada dekat dengan penderita Tuberkulosis. Bisa jadi Anda berpotensi tertular. Penyebaran kuman TB terjadi lewat udara.

Ketua Perhimpunan Pemberantasan Tubercolosis Indonesia (PPTI) dr. Anna Rozaliyani, Sp.P, mengatakan infeksi penyakit TB menjadi tantangan besar bagi perkotaan. Penyakit menular TB menjadi salah satu penyebab kematian nmor 1.

“Setiap hari ada 183 penderita TB meninggal dunia se-Indonesia. Indonesia bahkan belum sukses memberantas TB,” kata Dokter Spesialis Paru di RS Bunda Margonda ini di Balaikota Depok, Rabu (30/12/2015).

Menurutnya penularan infeksi TB melalui udara di kota padat penduduk dengan kualitas kesehatan dan kesadaran penduduk masih kurang. Sehingga kelihatannya, kata dia, penularan TB susah diputus.

“Kuman TB pun sudah ada sejak zaman Firaun di tulang punggung mumi. Ini berarti belum tuntas. Tak semudah itu. Prinsipnya kalau ada 1 penderita TB aktif mereka bisa berpotensi menularkan ke 10-15 orang di sekitarnya. Ini bukan penyakit turunan, bukan genetik, apalagi kutukan,” tegasnya.

Namun dengan pengobatan intensif selama enam bulan, ia meyakini bahwa penyakit ini dapat disembuhkan. Namun penularan juga tergantung pada daya tahan tubuh seseorang.

“Kita masih bisa bergaul biasa, pakai masker dan selalu patuh dengan etika batuk menutup mulut. Daya tahan baik dan lingkungan sehat akan membantu kita mencegah TB,” tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini