nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhir Tahun, Ribuan Turis Padati Taman Balekambang

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2015 12:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 31 406 1278147 akhir-tahun-ribuan-turis-padati-taman-balekambang-pMEU2pz7Y4.jpg Ribuan turis padati Taman Balekambang (Foto: Jejakbocahilang)

MENGHABISKAN libur panjang di Solo, kurang lengkap jika tak mengunjungi Taman Balekambang. Kawasan wisata ini  menjadi hutan kota bagi wong Solo.

Dengan ditumbuhi rerimbunan pohon dengan ukuran cukup besar, taman sejarah wisata Balekambang yang dibangun jaman pemerintahan KGPAA Mangkunegara VII memiliki luas 9,8 Ha.
Taman Balekambang dibangun untuk  kedua putri KGPAA Mangkunegara VII. Saat ini di dalam lokasi sudah dibangun dua patung yang melambangkan dua putri cantik dari Pura Mangkunegaran. Saat ini, Taman Balekambang menjadi salah satu tujuan wisata terpadu. Pengunjung bisa merasakan wisata di area outbond, taman reptil yang berisi kumpulan tanaman langka.
Lokasi penangkaran hewan, kawasan konservasi sejarah, juga sebagai lokasi pertunjukan untuk seni dan budaya. Saat ini Taman Balekambang menjadi lokasi penangkaran Merak Hijau yang  berjumlah lima ekor yang terdiri atas satu jantan dan lima betina. Lokasi kandang di barat kolam utama di Taman Balekambang.
Kepala UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, menyebutkan dalam masa libur panjang akhir tahun ini membuat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kawasan Wisata Taman Balekambang menargetkan jumlah pengunjung hingga 50 ribu orang, mulai 21 Desember 2015 hingga 1 Januari 2016.
"Untuk perayaan pergantian tahun atau 31 Desember malam, Taman Balekambang akan mengadakan pertunjukan ketoprak berjudul Aryo Penangsang Gugur," jelasnya belum lama ini.
Dila (35) warga Madiun, Jawa Timur mengaku senang berkunjung ke Taman Balekambang. Karena udaranya sejuk.
Serasa berada di dalam hutan. Karena pohonnya besar, banyak binatang langka. Bisa memberi gambaran dan mengedukasi bagi anaknya yang baru berusia lima tahun.
"Serasa di hutan saja. Udaranya sejuk, dan tidak panas. Padahal ini di tengah kota lho," jelasnya kepada Okezone, Kamis (31/12/2015).
Taman Balekambang dalam rangka perayaan tahun baru akan  dibuka mulai pukul 06.00 WIB dan ditutup sesuai keperluan sekitar pukul 24.00 WIB. Bagi pengunjung yang datang ke Taman Balekambang hanya ditarik biaya parkir seperti biasa.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini