Keluar Rumah saat Rambut Basah Bikin Sakit?

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2015 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 31 481 1278047 keluar-rumah-saat-rambut-basah-bikin-sakit-TGfjFVM3aA.jpg Rambut basah tidak menyebabkan flu (Foto: Scoopnest)

MALAM tahun baru memang asik dihabiskan di luar rumah. Namun, keluar dengan keadaan rambut basah setelah keramas mungkin membuat Anda khawatir akan sakit karena terkena angin dingin. Tapi, apakah kekhawatiran Anda bisa terjadi?

“Udara dingin bisa membuat pembuluh darah mengerut untuk menjaga agar panas tubuh tidak menguap. Tapi ini juga membuat tekanan darah meningkat,” kata John Elefteriades, MD, ahli bedah kardiak di Yale Medical Group. Inilah yang sebabkan ketidaknyamanan tubuh.

Namun, bila Anda takut keluar dengan rambut basah di malam hari akan membuat Anda terkena pilek dan flu, itu jelas salah. Rambut basah dan kepala yang terekspos suhu dingin tidak akan sebabkan pilek atau flu.

"Pilek atau flu disebabkan virus, umumnya Rhinovirus. Mereka memang bertahan lebih lama dalam lingkungan dengan kelembaban tinggi," kata Jack gwaltney Jr, MD, seorang profesor emeritus di sekolah kedokteran University of Virginia, sepeti dilansir dari Menshealth, Kamis (31/12/2015).

Melindungi tangan dengan mencuci tangan menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol dapat membunuh rhinovirus lebih efektif. Tapi mungkin masih tidak akan memangkas risiko Anda terkena flu, menurut studi terbaru dari University of Virginia.

"Transfer kuman melalui tangan mungkin tidak terlalu berperan dalam penyebaran rhinovirus seperti yang kita pikir. Sebaliknya, transfer melalui udara lebih penting daripada yang dikira sebelumnya," kata penulis studi Ronald Turner, MD.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini