Share

Mengenal Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2016 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 02 298 1279452 mengenal-lempah-kuning-khas-bangka-belitung-rTOBu40Ic4.jpg Lempah kuning khas bangka (Foto: Kidnesia)

LEMPAH kuning merupakan sebuah hidangan khas Bangka Belitung. Ciri khasnya berwarna kuning dengan lauk ikan laut.

Lempah merupakan sebutan bagi masyarakat Bangka Belitung. Tampilannya mirip dengan gulai atau pindang ikan khas Palembang, namun lempah kerap menggunakan ikan laut atau udang sebagai lauk utama dan tidak menggunakan santan.

Mengapa disebut lempah kuning? Karena hidangan ini punya warna kuning merona, bahkan kuning kemerahan. Rasanya juga sedikit asam segar lantaran ada campuran nanas.

Hidangan ini bisa dibilang sebagai makanan sehat. Pasalnya, semua bumbu lempah kuning langsung dimasukkan ke dalam rebusan air, tanpa ditumis lebih dulu seperti makanan berkuah lainnya.

Seperti dikutip dari buku 100 Maknyus Jakarta, karya Bondan Winarno, Lidia Tanod dan Harry Nazarudin, Sabtu (2/1/2016). Turunan lain dari lempah kuning adalah lempah pucok ( daun kedondong).

Rasa asam yang dihasilkan daun kedondong rupanya cocok berpadu dengan bumbu lempah dan ikan. Namun, ikan laut yang kerap digunakan dalam sajian lempah pucok adalah ikan pari, karena tekstur dagingnya yang lembut dan khas.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini